Pages

Sabtu, 05 Juni 2010

Oohhh... kampung halamanku PEMALANG


Pemalang juga dikenal sebagai pusat produksi tekstil dan produk tekstil yang sentranya berada di Petarukan dan Comal. Produk-produk garment yang dihasilkan berupa celana jean, jaket, pakaian olahraga dan sejenisnya dapat dibeli dengan harga yang relatif murah dibanding produk-produk sejenis yang di hasilkan di daerah lain. Produk-produk ini banyak dijual di pusat grosir Petarukan da dan Comal. Pemalang pu-nya makanan khas yang cukup terkenal yakni Nasi Grombyang . Makanan ini berupa nasi yang dicampur dengan soto khas Pemalang beraroma tauco. Entah bagaimana sejarahnya hingga dinamakan nasi grombyang, tetapi yang jelas makanan ini cukup nikmat dan bisa dibeli dengan harga yang relatip murah di kota Pemalang. Ada salah satu restoran yang cukup terkenal di daerah Comal dengan masakan kepitingnya. Rumah makan tersebut adalah Rumah Makan Prima yang terlatak tidak jauh dari jalur Pantura Comal. Dirumah makan ini bisa dinikmati berbagai jenis masakan kepiting dengan variasi bumbu yang beragam dan sangat lezat.

1. Pantai Widuri
Ini merupakan salah satu obyek wisata Pantai di Pemalang yang cukup dikenal . Masuk kedalam area wisata kita akan menjumpai taman dengan pohon-pohon besar yang cukup terawat. Di sisi kanan taman ini tersedia fasilitas bermain untuk anak-anak dan restoran. Di pantai Widuri ini pengunjung bisa berenang, bermain air dan pasir pantai, karena bibir pantainya cukup landai dengan arus gelombang yang tidak terlalu besar, kecuali pada musim angin Barat. Disediakan anjungan pantai bagi pengunjung yang ingin mengamati luasnya laut Jawa serta menikmati pemandangan matahari terbenam. Saat ini obyek wisata Widuri sedang mengalami pembangunan besar-besaran untuk kelengkapan fasilitas wisata disekitar lokasi. Rencananya akan dibangun sebuah pusat wisata waterboom dengan beberapa kolam luncur dan jalur aliran air yang berliku-liku.

2. Wisata Belanja
Di Pemalang ada dua pusat grosir yang biasa dikunjugi oleh wisatawan yang kebetulan mampir di kota tersebut. Pusat grosir tersebut adalah Grosir Tekstil murah di Petarukan dan Pusat Grosir produk garmen di daerah Comal. Di Pasar Petarukan selain menjual berbagai jenis tekstil dan produk tekstil dengan harga yang murah juga menawarkan berbagai kerajinan kulit ular, seperti sabuk, dompet dll. Sedangkan di Pusat Grosir Comal, wisatawan dapat berbelanja segala macam jenis produk garment seperti, baju, jaket, gaun, pakaian olah raga, sarung tenun dan berbagai produk tekstil lainnya.

3. Makanan Khas Pemalang :

  • Nasi Grombyang, campuran nasi dengan soto khas Pemalang yang berisi daging kerbau dan tauge dengan kuah kuah kecoklatan

  • Lontong Dekem, lontong yang dimasak di dalam kuali disertai kari bebek yang khas Pemalang

  • Sate Loso, dibuat dari daging sapi has dalam pilihan yang disajikan dengan bumbu kacang

  • Kamir, penganan yang terbuat dari tepun ketan yang beraroma tape dan berwarna coklat kekuningan

  • Apem comal, salah satu jenis apem khas Pemalang yang bertatakan daun pisang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Ny. Kalor Ok!